Tahapan Langkah Dalam Jasa Pengadaan Barang

Tahapan Langkah Dalam Jasa Pengadaan Barang

Adanya vendor sangat memudahkan Anda dalam mendapatkan barang guna keperluan proyek. Ada beberapa hal yang harus dilalui dalam bekerja sama dengan vendor dalam mendapatkan barang. Kali ini akan dibahas tahapan langkah yang harus dilakukan agar Anda semakin paham dengan cara kerja vendor. Simak ulasan dibawah ini ya.

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk bekerja sama dengan vendor, terutama jika melalui proses pelelangan terbuka. Tahapan cara ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah tahapan dalam bekerja sama dengan penyedia jasa pengadaan barang.

  1. Persiapan Pemilihan Vendor

Tahapan ini masih dilakukan oleh internal kantor atau perusahaan yang terkait dengan pengadaan barang. Agar lebih fokus, dibentuk panitia lelang secara khusus. Setelah itu, disusun dokumen lelang serta draft iklan. Setelah draft iklan disetujui, maka lelang pun diumumkan dalam jangka waktu tertentu. Dalam masa tersebut, akan ada beberapa vendor yang mengirimkan berkasnya.

 

  1. Pemilihan

Vendor yang berminat untuk mengikuti lelang wajib mengikuti persyaratan yang diajukan oleh perusahaan. Persyaratan yang diwajibkan antara lain berkas-berkas. Dari berkas itulah perusahaan dapat melakukan seleksi dari berbagai vendor yang masuk untuk memilih yang terbaik. Setelah pemilihan selesai, vendor yang terseleksi akan melakukan proses verifikasi guna memeriksa keabsahan berkas.

 

  1. Pelaksanaan Kontrak

Jika berkas dinyatakan valid, perusahaan akan mengumuman pemenang lelang. Umumnya akan diambil 1 pemenang dan 2 cadangan. Selanjutnya  vendor akan maju ke tahap berikutnya, yakni penandatanganan kontrak. Setelah kontrak ditandatangani, maka segala keperluan pengadaan barang diserahkan pada vendor.

 

  1. Pengawasan

Meski seluruh pengerjaan diserahkan sepenuhnya pada vendor, namun sebaiknya dari pihak perusahaan tetap melakukan pengawasan guna mengetahui perkembangan dari vendor. Pengawasan juga memudahkan untuk menghindari masalah yang berlarut-larut. Jika ada masalah, bisa langsung diketahui dan ditangani sesegera mungkin.

 

  1. Serah Terima Hasil

Biasanya sebelum penandatanganan kontrak ada kesepakatan antara perusahaan dan vendor mengenai waktu pengerjaan. Tentu vendor harus menaati kesepakatan yang berlaku. Jika melewati batas waktu yang telah disepakati, ada denda yang harus ditanggung oleh vendor.

Itulah tahapan dalam bekerja sama dengan vendor dalam mendapatkan barang. Cara ini biasanya dilakukan untuk pengadaan barang yang bersifat besar, antara lain pengadaan computer, furniture, mesin-mesin berat, perangkat elektronik, kendaraan bermotor, bahkan jasa pembangunan infrastruktur. Jika Anda sedang membutuhkan pengadaan barang dengan proses yang tidak ribet, serahkan saja pada CV. Asa Mandiri yang sudah terjamin kredibilitasnya. Kami melayani segala macam pengadaan barang.

1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by
Close Panel
LOGO-CV-ASA-MANDIRI-PENYALUR-TENAGA-KERJA-JOGJA

Hubungi Kami:

Perum Alam Citra C25

Jl Parangtritis km7, Bantul DIY

0815-6872-053

Whatsapp/Telepon

Senin-Jumat 08:00-19:00

Sabtu-Minggu CLOSED

Follow Sosial Media:

Langganan Informasi: